oleh

BUMDes Masure Bakal Produksi Minyak Goreng dari Buah Kelapa

Om Desa MASURE – Kepala Desa (Kades) Masure, Buang Samiun mengatakan, pembangunan di desa yang ia pimpin di tahun 2018 ini, fokus pada sektor pertanian lantaran potensi pertanian menurut dia, sangat mendukung pendapatan desa.

Mesk begitu, Kades Masure, Kecamatan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara ini menyatakan, hal yang menjadi kendala adalah jalan tani. Itu sebabnya, pihaknya dari pemerintah desa akan membuka akses jalan tani agar mempermudah aktivitas masyarakat setempat.

Fokus sector pertanian ini, menurut Kades Buang, karena menilai kebanyakan masyarak Desa Masure bergantung hidup di sektor pertanian, terutama tanaman kelapa.

“Untuk itu saya menawarkan program pengelolaan buah kelapa menjadi minyak goreng karena secara geografis, Desa Masure kaya denga Kelapa, walau ada juga potensi Pala serta Cengke. Namun dalam rangka mendatangkan pendapatan perkapita masyarakat serta mengurangi pengangguran, maka potensi Kelapa akan di olah menjadi Minyak Goreng,” kata Kades Masure via WhatsApp ke redaksi Omdesa.id pada Selasa, 17 Juli 2018.

Berkait itu, lanjut Kades, pengelolaan buah kelapa menjadi minyak goren menjadi program utama dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Masure. Sebab hal itu, kata dia, selain membawah berkah bagi warga setempat, juga menjadi sumber utama Pendapatan Asli Desa (PADes) Masure. “Dan melalui anggaran 2018 ini, BUMDes akan produksi minyak goreng,” katanya.

Ia menyatakan, dari pendapatan masyarakat yang dianggap minim ini, program BUMDes tersebut bakal membantu perekonomian masyarakat Desa Masure. Olehnya, lanjut dia, pihaknya berharap kepada pihak BUMDes Masure agar bekerja secara profesional dan selalu berkoordinasi, baik secara internal aparatur desa, masyarakat, Pemda Halteng, Pemda Provinsi dan Kemendes PDTT.

Perogram pembangunan desa yang direncanakan dan akan dilaksanakan itu, menurutnya hal itu juga sangat tergantung pada sikap mengutamakan rasa Fagogoru antara sesama agar bersama dalam pembangunan desa serta pada khususnya, program BUMDes tentang minyak goring kelapa.

“Mendorong kemajuan dalam mengelola potensi sumber daya pertanian, dapat menciptakan desa yang kuat sekaligus sehat dan tak kalah majuh dengan desa lainnya,” ujarnya.

Red: Iswan

Download

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait