oleh

Sosialisasi Pilkades Serentak 2018 di Halbar

-HALBAR-37 views

Om Desa HALBAR – Menjelang Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tanggal 7 November 2018 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Panitia Pelaksana Tingkat Kabupaten, mengelar sosialisasi pelaksanaan Pilkades pada Kamis, 19 Juli 2018 tadi.

Kegiatan yang dibuka secara langsung asisten (ASS) II pemkab Halbar, Markus Saleky itu, dihadiri oleh Staf ahli bidang Pemerintahan, Boby Djumati, Staf ahli bidang sosial dan SDM, Fredik Budiman, Wakil Ketua II DPRD Halbar, Nikodemus D. Ratulangi, Kadis DPMPD, Asnath Sowo, Kakesbangpolda, Muhammad Syarif A. Ali, Para Camat Se-Kab Halbar, Para Ketua BPD dan Panitia Pelaksana Pilkades.

Markus dalam sambutannya mengatakan, undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa secara signifikan telah memberi perubahan terhadap dinamika ketatanegaraan di indonesia.

Undang-undang tersebut secara tegas telah memberikan kejelasan status desa dalam sistem pemerintahan republik indonesia.

“Dengan mengingat ini, akan memberikan kemandirian lebih bagi desa untuk mengembangkan potensi lokal, memberikan akses pelayanan publik yang lebih mudah kepada masyarakat dan pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan yang merata bagi masyarakatnya,” katanya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah melalui PP nomor 47 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan menteri dalam negeri nomor 66 tahun 2017 tentang perubahan atas permendagri nomor 82 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

” Melalui regulasi ini, daerah diberikan pedoman sebagai rujukan dan dasar aturan dalam melaksanakan Pilkades serentak di daerah,” ujar Markus.

Dia juga mengakui, Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, karena masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat. Dan Juga penting bagi kesinambungan roda pemerintahan di tingkat desa.

“Olehnya, sosialisasi pelaksanaan pilkades serentak tahun 2018 ini memiliki nilai strategis disertai harapan pada waktu pelaksanan nanti bisa berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang diharapkan bersama,” pinta Markus.

Mantan Kadukcapil Halbar ini juga menyatakan, pelaksanaan pilkades serentak ini juga didasari dengan Perda nomor 2 tahun 2018 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian, serta Perbu nomor 13 tahun 2018 tentang pelaksanaan Pilkades serentak. Sehingga nantinya melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan pada pelaksanaan Pilkades dapat berlangsung lancar, aman dan kondusif, serta menghasilkan figur Kades terpilih yang mampu memimpin desanya dengan baik dan membawa masyarakatnya menuju sesuai dengan yang diharapkan. Sekaligus memberikan pemahaman terkait dengan regulasi pelaksanaan pilkades serentak 2018.

“Kepada seluruh panitia pilkades bisa mempelajari segala ketentuan perundang-undangan, menjaga netralitas, meningkatkan koordinasi dan komunikasi pada semua unsur, hingga mengantisipasi segala hal yang dapat menggangu stabilitas gangguan keamanan dan ketertiban,” tutup Markus.

Red: chull

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait