oleh

Selain Pembangunan Fisik, Desa Pantura Mulai Jalankan Program BUMDes untuk PADes

Om Desa, PANTURA – Pemerintah Desa Pantura, Kecamatan Patani Utara (Pantura), Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara akhirnya menata kembali badan jalan raya di desa tersebut.

Desa Pantura yang baru berusia 16 Tahun ini, kata Kaur Pembangunan Desa Pantura, Hairun Hi.Kader, tata kelola pembangunan mengikuti pola pembangunan perkotaan, terutama pada sisi pembangunan jalan.

Hairun mengatakan, mulanya lebar badan jalan raya Desa Pantura sebesar 12 meter itu, kini dinilai tampak sempit sehingga dilakukan perluasan. Itu sebabnya, kata dia, melalui rapat musyawara, memutuskan perluasan jalan dengan cara membongkar taman di tengah jalan itu. “Taman tengah itu yang membuat jalan terlihat sempit,” katanya kepada Redaktur Omdesa.id di Desa Pantura, Rabu 15 Agustus 2018.

Selain mengunakan Dana Desa untuk kepentingan umum seperti pembangunan jalan atau infra struktur tersebut, rupanya Desa Pantura juga kini mulai fokus pembangunan yang dapat mendulang Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Desa Pantura, Jamaludin Hi. Jamali mengatakan pihaknya memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap pertama secara efisien untuk program Bumdes dengan pengadaan semen, besi dan Sembilan bahan pokok lainnya, dengan alokasi dana sebesar 139 juta pada tahun 2018.

Selain itu, kata Kades Jamaludin, BUMDes Pantura juga mengelola Usaha Tela Pres dan kini sudah menghadirkan satu unit mobil open cap Mitsubisi. Mobil tersebut tak hanya digunakan oleh BUMDes, namun juga di pakai untuk aktifitas pembangunan dan pemerintahaan di Desa Pantura.

“Ini sangat berguna dan mempermudah kegiatan pedesaan kami. Membantu pemerintah desa dalam kegiatan fisik maupun non fisik,” ujar Kades.

Meski begitu, lanjut Kades Pantura mengatakan, ADD tahap pertama juga diperuntukkan untuk pembangunan pagar perumahan dengan besar anggaran dua ratus juta, dengan volume pagar 275 meter.

Kades Pantura juga menyatakan, DD tahap dua akan diperuntuhkan pada rehab beton di jalan siswa. “Untuk sementara menunggu materialnya. Menunggu kedatangan kapal,” terang Kades.

Redaktur/Pembimbing: Iswan

Download

Tentang Penulis: PEMDES PANTURA,- Kades, JAMALUDIN Hi. JAMALI

PEMDES PANTURA,- Kades, JAMALUDIN Hi. JAMALI
JAMALUDIN Hi. JAMALI adalah Kepala DESA PANTURA, Kecamatan PATANI UTARA, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait