oleh

2019, DPMD Haltim Fokus Penyertaan Modal untuk BUMDes

-HALTIM-45 views

Om Desa, HALTIM — Kapala Bidang Pemberdayaan Kelambagaan Masyaraka dan Pemerintah Desa pada Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Halmahera Timur, Hasrul Jamaluddin menegaskan, bahwa program pemerintah tentang Dana Desa (DD) untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi pedesaan. Hal ini disampaikan oleh Hasrul kepada omdesa.co.id saat ditemui diruang kerjanya pada Selasa 28 Agustus 2018.

Menurut Hasrul, penguatan pereknomian Desa melalaui dana desa ini sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) nomor 19 tahun 2017 tentang Perioritas Pengelolaan Dana Desa tahun 2018 dan Permendes nomor 4 Tahun 2015 tentang pendirian Pengurusan Pengelolaan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Langkah ini diambil sesuai dengan regulasi pengelolaan bumdes yang harus mengacu pada permendesa, PDTT No 4 tahun 2015, dan kerjasama desa yang diatur dalam Permendagri 94 tahun 2017, dua peraturan ini yang dipakai,” kata Hasrul.

Selain itu, Hasrul menjelaskan perkembangan BUMDes di Kabupaten Halmahera Timur yang saat ini sudah terbentuk sebanya 60 BUMDes ini, akan dilanjutkan dengan program pendampingan sekaligus pembentukan lainnya pada September atau Oktober tahun 2018, sebelum memasuki tahapan Pemilihan 62 kepala desa di wilayah Kabupaten Halmahera Timur.

“Kita fokus pada penyertaan modal untuk BUMDes yang sudah dibentuk, agar di 2019 nanti, sudah ada titik terang terkait dana desa untuk pemberdayaan masyaraka. Sebab menurut hemat kami, lewat badan usaha milik desa (BUMDes), dana desa dapat memperkuat ekonomi desa atau pendapatan masyarakat Desa,” kata Asrul.

Redaktur/Pembimbing: Il

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait