oleh

Bagun Destinasi Wisata Mangrove, Kades Kacepi: Pasir Putih Buatan, untuk Bupati dan Wabub saat Peresmian

Om Desa, Kacepi — Hutan Mangrove di Desa Kacepi, Kecamatan Pulaua Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara “disulap” menjadi destinasi wisata Alam yang akan menyaingi destinasi wisata alam serupa ditempat lain. Mangrove Desa Kacepi menyajikan keindahan alam yang dilengkapi dengan beragam jenis flora dan fauna.

Perpaduan antara Hutan dan Laut di pantai Desa Kacepi ini, tak sekedar memanjakan mata, tapi juga menabuhkan alunan alam dari deburan ombak dan kicauan burung dalam satu paduan yang menentramkan jiwa. Belum lagi semilir sepoi anginnya mampu meneduhkan jiwa dalam kedamain. Di mangrove Kacepi ini seolah kita dihempaskan dalam sepotong surga dunia yang diciptakan oleh Tuhan seolah untuk membaskan beban lelah pikiran para pengunjung.

Hal ini, benar-benar dirasakan oleh Tim Omdesa.id saat berkunjung ke Mangrove Kacepi bersama Kepala Desa Kacepi H. Husen Idris pada Sabtu, 1 September 2018.

Lebat dan hijaunya pohon bakau di tengah-tengah aliran air laut yang sangat jernih tak henti-hentinya membuat mata tetap terjaga pada kekaguman. Biota airnya terlihat begitu menawan dalam akrobat alam yang sangat artistik, terkadang pengungjung bergumam : “sempurna!,” saat menyanjungnya.

Kepada Omdesa, H. Husen mengakui bahwa Destinasi Wisata alam yang ada di desanya ini, sudah menyedot banyak perhatian pengunjung, baik pengunjung dari dalam maupun di luar pulau Gebe sehingga menurutnya, tidak menutup kemungkin jika destinasi wisata alam ini di kelola dengan baik, bisa berpotensi menjadi ikon wisata Mangrove di Kabupaten Halmahera Tengah.

“Saat ini Hutan Mangrove Kacepi ini sudah menjadi magnet wisata bagi warga Kabupaten Halmahera Tengah, apalagi jika dilengkapi dengan sarana prasarana yang menunjang, maka akan sangat berpotensi jadi ikon Pulau Gebe bahkan Kabupaten,” kata Kades Husen

Kades Kacepi ini mengatakan, akan memanfaatkan dana desa dalam pengembangan Hutan Mangrove Kacepi untuk memenuhi standar sarana prasarana sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi. Pembangunan jembatan kayu sepanjang 200 Meter kini sedang berlangsung. Demikian itu, kata Kades, merupakan langkah awal dari upaya desa dalam perencanaan pembangunan Desa Wisata.

Lanjut Kades, selain Jembatan untuk memudahkan pengunjung dalam menelusur hutan Mangrove, pihaknya juga akan dibangun tempat jualan yang dilengkapi dengan fasilitas WiFi sehingga pengunjung dapat berinteraksi dengan dunia luar secara terbuka melalui online. “Itu dengan sendirinya, Wisata mangrove juga dapat dikenal dunia luar,” tuturnya.

Selain itu, Wisata Mangrove tersebut akan ditunjang dengan fasilitas peristirahatan bagi para pengunjung yang akan menginap seperti rumah-rumah panggung berukuran kecil, fasilitas gazebo, Kamar mandi dan lain-lain.

“Rencana kami dari pemerintah Desa Kacepi ini akan kami serahkan pada BUMDes untuk mengelolanya. Sehingga diharapkan mendatangkan keuntungan bagi ekonomi masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes),” ucapnya.

Berkait itu, ia berharap langkah yang sudah diambil oleh pemerintah desa ini mendapat perhatian dari Pemerintah daerah, terutama Dinas Parawisata agar dapat bersama-sama mengembangkan potensi wisata yang telah ada. Baginya, perhatian pemerintah daerah menjadi sangat pentin dalam mendorong perencanaan yang telah dimulai oleh perangkat Desa.

Pantauan Om Desa, selain pembuatan jembatan kayu untuk menelusuri hutan di kawasan Hutan Mangruf Kacepi, sudah tersedia fasilitas Pantai Pasir Putih buatan dan gerbang masuk Hutan Mangrove yang didesain dengan arsitek lokal khas kabupaten Halmahera Tengah. Dan kini pembangunannya hampir dirampung.

Kades Kacepi, Hi. Husen Idris saat memantau pembangunan Jembatan Wisata Mangrove

Saat dikonfirmasikan terkait hal tersebut, Kades, H. Husen berkata, “Pasir Putih Buatan ini, dipersiapkan sebagai tempat Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah pada saat peresmian jembatan telesur yang saat ini masih dalam proses pembangunan,” terangnya.

Red/Pembimbing: Iswan

Hi. HUSEN IDRIS adalah Kepala Desa KACEPI, Kecamatan Pulau GEBE, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Tentang Penulis: PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS

PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS
Hi. HUSEN IDRIS adalah Kepala Desa KACEPI, Kecamatan Pulau GEBE, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait