oleh

Usai Gandeng Pengusaha Bangun Jalan Setapak, Kades Kacepi Fokus Air Bersih di 2019

Om Desa, Kacepi — Kepala Desa Kacepi Kecamatan Pulau Gebe Kabupaten Halmahera Tengah, H. Husen Idris gaet pengusaha di Pulau Gebe untuk membangun fasilitas jalan setepak bagi para nelayan di Desa Kacepi. Rencana, jalan yang diperuntukkan nelayan tersebut dibangun dengan lebar 2 Meter dan panjang 160 Meter menuju tempat berlabuh Nelayan.

Kepada Omdesa.id, Kades H. Husen mengakui anggaran pembangunan jalan ini belum dianggarkan oleh desa sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dirinya bersama perangkat desa membijaki hal tersebut dengan menggaet para pengusaha di pulau Gebe.

“Meskipun belum dianggarkan tapi, ini sudah termasuk kebutuhan yang mendesak jadi kami bangun dengan cara bermitra,” kata Kades.

Menurut dia, pembangunan jalan ini setapak ini sangat penting bagi kelancaran aktifitas para nelayan di Desa Kacepi. Jika aktifitas Nelayan terhambat oleh akses jalan menuju tempat berlabuh perahu, maka secara tidak langsung akan mengahambat juga perekonomian mereka.

“Saya perhatikan, akses jalan menuju pantai tidak terlalu aman bagi nelayan. Banyaknya rerumputan yang sewaktu-waktu bisa jadi ancaman jika kita lengah, jadi mungkin karena hal ini oleh masyarakat meminta kepada pemerintah desa agar membangun jalan untuk mereka,” ungkap Husen.

Meski begitu, kata Kades, proses pengerjaan jalan nelayan ini masih menunggu material Semen sehingga untuk saat ini pengerjaannya belum berjalan.

Selain pembangunan jalan, kepala Desa Kacepi juga meminta perhatian pemerintah daerah agar menganggarkan pembangunan jembatan tempat berlabuh para nelayan Kacepi.

Lanjut Kades Hi. Husen mengaku, bahwa tak hanya jalan dan pelabuhan nelayan yang diminta masyarakat untuk dibangun, namun warga juga berharap mendapatkan sumber air bersih karena untuk saat ini, di Desa Kacepi masih krisis air bersih. Menurutnya, permintaan masyarakat ini sudah ada sejak pemerintahan pada periode lalu, hanya saja belum terealisasi.

“Jadi kita akan fokuskan pada anggarkan 2019 yang tinggal beberapa bulan lagi ini. Sebab sumber air bersih sangat penting dan mendesak dalam kebutuhan masyarakat,” tutur Kades Hi. Husen.

Red/Pembimbing: Iswan

Hi. HUSEN IDRIS adalah Kepala Desa KACEPI, Kecamatan Pulau GEBE, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Tentang Penulis: PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS

PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS
Hi. HUSEN IDRIS adalah Kepala Desa KACEPI, Kecamatan Pulau GEBE, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait