oleh

Bendung Muara Kali di Desa Subaim, Kades Bersama Masyarakat Bangun Talud

Om Desa, Subaim – Muara Kali Subaim seringkali mengganggu aktifitas warga saat musim hujan. Aliran Muara tersebut amat dekat dengan jalan raya dan perumahan warga. Selain itu, keberadaan maura kali ini membuat aktifitas warga ke menuju pelabuhan Feri terasa jauh, berkisar 2 kilometer.

Atas dasar itu, pada 15 Juli 2018 lalu, Kepala Desa Subaim Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur, Malik Kababa bersama warganya melakukan normalisasi aliran sungai dengan membangun talud bendungan muara untuk mencegah sewaktu-waktu terjadi banjir, sekaligus jadi akses jalan menuju pelabuhan ferri dan pasar ikan.

Kepada Omdesa.id, Kepala Desa Subaim mengakui bahwa langkah normalisasi kali ini dilakukan demi kepentingan dan keselamatan warga. Selain itu, kata Kades Malik, bahwa normalisasi ini membuat akses jalan ke pelabuhan feri dan pasar ikan menjadi terasa dekat.

“Pembuata talud untuk bendungan arah sungai yang masuk ke perumahan masrakat ini sekaligus dijadikan jalan penghubung ke arah pelabuhan Ferry, yang tadinya ke pelabuhan ferry ditempuh dengan jarak 2 kilo Meter, kini menjadi 200 meter,” ujar Kades Malik, Senin, 4 September 2018

Kades Subaim saat memantau pembangunan Talud

Selain itu, Kades mengaku terkendala jembatan. Itu sebabnya, melalui Om Desa, kata Kades Subaim, menyampaikan harapannya kepada pemerintah Daerah Halmahera Timur agar bersedia membangun jembatan penghubung antara warga desa RT 06 da RT 07, agar memudahkan aktifitas masyarakat. “Ini juga sudah saya sampaikan saat musrembang kecamatan,” pintanya.

Red/Pembimbing: Ilham H

Tentang Penulis: PEMDESA SUBAIM- KADES, MALIK KABABA

PEMDESA SUBAIM- KADES, MALIK KABABA
MALIK KABABA adalah Kepala Desa Subaim, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait