oleh

BUMDes Masure Produksi Minyak Goreng Kelapa, Kades: Target 3.000 Kemasan Per Bulan

Om Desa, Masure – Program produksi Minyak Goreng dari buah Kelapa oleh pemerintah Desa Masure, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, akhirnya terwujud.

Aktifitas produksi minyak goreng kelapa

Minyak Goreng buah kelapa yang bakal dikelola melalui Badan Usaha Milik Dese (BUMdes) Masure ini, menargetkan 3.000 kemasan per bulan. Hal ini dilakukan atas dasar potensi sumebrdaya Kelapa yang berlimpah di Desa Masure.

BACA JUGA Minyak Goreng dari Kelapa Paling Baik dan Aman untuk Kesehatan

Kapala Desa (Kepala Desa) Masure, Buang Samiun kepada omdesa.id, Senin, 10 Semptember 2018, mengatakan, pihaknya bersama BPD dan BUMDes beserta masyarakat bersepakat untuk mengolah buah kelapa menjadi Minyak Goreng sekaligus dijadikan sebagai prodak unggulan desa.

Mesin olahan buah kelapa

“Kelapa menjadi salah satu potensi unggulan di desa sehingga sebagai pemerintah desa bersama BPD dan pengurus bumdes maupun masrakat, bersepakat untuk mengelolah potensi desa menjadi prodak unggulan desa. Jadi kami mengelolah buah kelapa menjadi Minyak Goreng yang jauh lebih menyehatkan dan menguntungkan secara ekonomi buat masyarakat sekaligus menjadi Sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) Masure,” kata Kades.

Kades Manuse ini menyatakan, hasil produksi selama 4 hari ini itu, kini menghasilkan 300 kemasan. “Target kami dalam 1 bulan, produksinya harus mencapai 3000 botol atau kemasan,” katanya.

Hasil Produksi Minyak Goreng Kelapa di Desa Masure

Lanjut Kades, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, pihaknya membuka lapangan kerja dan menjadikan produk unggulan minyak goreng sebagai sumber pendapatan asli desa (PADes) Masure.

Berkait BUMDes dalam produksi minyak tersebut, kata Kades Buang, BUMDes Masure bersikap terbuka dan siap bekerjasama dengan siapapun, guna meningkatkan skala usaha pedesaan.

“Harapan saya sebagai Kades Masure, semoga BUMDes tetap giat dan terus simangat agar bisa bersaing dengan desa-desa yang lain,” kata dia.

Red: Iswan

Download

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait