oleh

Minyak Goreng NIWI; Sehat di Tubuh, Terjangkau di Dompet

Om Desa, MASURE – Buah kelapa yang begitu berlimpah, menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Desa Masure Kecamatan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), buah kelapa milik warga ini dikelola menjadi minyak goreng, minyak murni (VCO), Tepung Kelapa dan Galendo/Blondo (tai minyak) juga arang tempurung. Dari semua itu, bernilai ekonomis sehingga potensi Pendapatan Asli Desa (PADes) bakal tumbuh meningkat.

Program BUMDes masure ini seolah mendorong petani kelapa Masura naik kelas di tengah harga kopra yang makin anjlok. Sebab masyarakat menilai perbandingan hasil penjualan buah kelapa kepada BUMDes dengan harga per buah Rp. 1.000 rupiah atau per kilo daging buah kelapa di hargai Rp. 5.000 lebih menguntungkan petani dibanding harus jual dalam bentuk kopra yang prosesnya rumit dan harganya murah.

Betapa tidak, BUMDes yang baru berjalan dengan uji coba produksi minyak goreng olahan kelapa tersebut, rencananya di awal produksi pada bulan ini (September) BUMDes Masure akan menembus angka 3.000 kemasan dengan ukuran volume per botol 500 ml. Sementara untuk saat ini produksi per hari berkisar 140 kemasan dengan menghabiskan bahan baku kelapa sebanyak 900-1.000 buah atau setara dengan 300-500 kilogram daging kelapa yang sudah siap diolah.

“Melihat sumber daya alam desa yang begitu berlimpa terutama buah kelapa, maka kami bermufakat untuk mengelola buah kelapa menjadi produk yang tidak saja bernilai ekonomis tapi juga bermanfaat buat kesehatan kita” kata Kepala Desa Masure, Buang Samiun saat mengisahkan gagasan awal produksi olahan minyak goreng ini kepada OmDesa.id pekan kemarin.

Berkait harga, Kades Masure menegaskan bahwa harga minyak goreng buatan Masure sangat terjangkau bahkan terbilang murah. Sebab minyak goreng yang diproduksi secara tradisional dan berlebel NIWI, ini hanya dibanrol dengan harga Rp. 10.000 per kemasan dengan volume 500 ml, dan kini dipasarkan di Desa Masure dan desa-desa tetangga lainnya.

“Dengan membeli produk usaha BUMDes Masure dengan sendirinya kita menggerakkan dan memajukkan perkonomian masyarakat, sehingga terwujud desa yang maju, mandiri dan sejahtera” tambah Kades.

Selain harga, keunggulan minyak goreng Masure merupakan olahan daging kelapa yang secara riset menyatakan bahwa olahan daging kelapa menjadi minyak goreng lebih aman dan sehat ketimbang minyak goreng dari olahan kelapa sawit, bunga matahari, kedelei dan lainnya.

“Olehnya, Kades berharap agar mendapat partisipasi dan subangsi ide dan gagasan tentang BUMDes, Produksi dan Pemasaran agar lebih baik lagi di masa mendatang,” harapnya.

Red: Iswan

BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait