oleh

Utamakan Kesehatan Warga, Pemdes Tepeleo Bangun Air Bersih dan Saluran Air Limbah

Om Desa, TEPELEO – Dalam rangka penyediaan air bersih buat masyarakat, pemerintah Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah kini melakukan perbaikan saluran air bersih (Woyoligi) yang berlokasi di dusun II.

Volume pembangunan sepanjang 95 meter dari program air bersih yang dilaksanakan sejak 30 Maret 2018 itu, menelan anggaran sebesar Rp 75 juta pada Tahap I pembangunan.

Kepala Desa (Kades) Tepeleo, Irwan Salin mengatakan, program pembangunan air bersih tersebut merupakan kebutuhan mendasar bagi kesehatan masyarakat. Itu sebabnya, kata Kades, pemerintah Desa Tepeleo memprioritaskan air bersih sebagai pemanfaatan sarana dan prasarana kesehatan.

“Mengingat air bersih sangat dibutuhkan warga, maka pemerintah Desa Tepeleo bersepakat untuk pembangunan air bersih berskala desa,” kata Kades pada Om Desa, di ruang kerjannya, Senin, 22 Oktober 2018.

Selain itu, Pemdes setempat melaksanakan program Tahap I dan II, yakni pembangunan saluran air limbah. Pembangunan saluran air limbah yang berlokasi di dusun II ini, dilaksanakan pada 28 Maret 2018 dari Volume 140 meter dengan total anggaran sebesar Rp 200 juta.

(Salutan Air Limbah Rumah Tangga di Desa Tepeleo)

“Untuk melindungi warga dari air limbah rumah warga, dibutuhkan saluran air limbah untuk mencegah pencemaran lingkungan atau penyakit menular,” kata Kades Irwan.

Begitu juga dengan pernyataan Kaur Pembangunan, Ismail Halek bahwa, pembangunan yang berjalan di Desa Tepeleo, baik fisik maupun non fisik yang diprioritaskan oleh pemerintah Desa Tepeleo sudah berjalan sesuai tahapan rancangan. “Tepat sasaran,” ujarnya.

PEMDES TEPELEO, - KADES, IRWAN SALIM

IRWAN SALIM adalah Kepala Desa TEPELEO, Kecamatan PATANI UTARA, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Tentang Penulis: PEMDES TEPELEO, - KADES, IRWAN SALIM

PEMDES TEPELEO, - KADES, IRWAN SALIM
IRWAN SALIM adalah Kepala Desa TEPELEO, Kecamatan PATANI UTARA, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait