oleh

Warga Desa Pohea Antusias Bayar Pajak

Om Desa, POHEA — Pemerintah Desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula bekerja sama dengan Dinas Pengelolaan pajak dan retribusi, dalam rangka membantu pelayanan pajak dan retribusi bagi masyrakat Desa Pohea.

Kepala Desa, Rudi Duwila mengaku masyarakat Desa Pohea sangat antusias dalam mebayar pajak, terutama pajak Bumi dan Bangunan.

“Sudah tiga tahun, kegiatan ini kami laksanakan dan selalu ada antusias yang tinggi dari masyarakat untuk membayar pajak,” kata Kades Pohea pada Om Desa via WhatsApp, Jumat, 26 Oktober 2018.

(Aktivitas pelayanan pajak dan retribusi di Kantor Desa Pohea, Kec. Sanana Utara, Kab. Kepulauan Sula)

Meski begitu, Kades Pohea menjelaskan, bahwa ketaatan membayar pajak yang dilakukan oleh masyarakat tidak berbanding lurus dengan bagi hasil pajak dan retribusi yang dikembalikan ke desa. Menurutnya, dana bagi hasil setelah pajak dan retribusi terkumpul di Dinas Pengelolaan pajak dan retribusi kadang tersendat saat dikembalikan ke desa. Akibatnya, maanfaat langsung dari dana bagi hasil pajak dan retribusi tidak dapat dirasakan masyarakat.

BACA JUGA Warga Desa Tepeleo Segera Nikmati Layanan Kesehatan di Pulau Sayafi

“Padahal ini diatur dalam undung-undang jadi pemerintah daerah setiap tahunnya harus diberikan kepada pemerintah desa,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait