oleh

Cegah Abrasi, Kades Wailukum Bangun Talud sambil harap Bantuan Pemkab

Om Desa, HALTIM — Kepala Desa Wailukum, Moh Kandung bersama perangkat pemerintah desa menganggarkan 200 Juta untuk pembuatan talud penahan Ombak, sekaligus penimbunan pantai Desa Wailukum, Kecamatan Maba Kota, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Provinsi Maluku Utara pada 15 November 2018.

Kades Waolukum saat diwawancarai reporter Lentera.co.id sekaligus redaktur Om Desa

Didalam pekerjaan tersebut, dua item kegiatan yang sementara dalam proses secara bersamaan dengan mengunakan dana desa, untuk penimbunan dan pembuatan penahan Ombak/kubus agar mencegah abrasi pantai desa tersebut.

Menurut Kades, talud dibangun sepanjang 150 meter dianggarkan pemerintah desa sebesar 200 Juta dan direalisasi melalui Dana Desa tahap II. Kini dalam proses dikerjakan. Kemudian, target pembuatan kubus 300 bua untuk penahan Ombak dan saat ini suda sekitar 10% kubus yang di cetak karna kegiatan baru di mulai.

“Kami suda pernah sampaikan ke pemerintah daerah agar dapat perhatian dengan kondisi abrasi pantai ini sampai sekarang tidak ada tanggapan positif dari pemerintah daerah maka kami menginsiatif dengan mengunakan anggaran dana desa. Kami berharap pemaksaan kerja ini bisa terselesaikan denga anggaran yang kami ploting,” kata Moh pada Omdesa.id, 15 November 2018 di lokasi kegiatan pembangunan.

Abrasi pantai Desa Wailukum suda terjadi pada tahun 2015, hingga kini pemerintah daerah belum menanggapinya.

“Kami berharap APBD 2019 ini, paling tidak ada perhatian khusus pemerintah atas warga masyarakat Desa Wailukum karena pantai Desa Wailukum ini sangat mengancam perumahan warga,” pintanya.

“Kalau hanya ditanggulangi desa dengan mengunakan dana desa, saya pikir itu butuh proses yang panjang. Olehnya, kami juga butuh sentuhan dari pemerintah daerah”.

Download

Tentang Penulis: PEMDES WAILUKUM, KADES, Moh KANDUNG

PEMDES WAILUKUM, KADES, Moh KANDUNG
Moh KANDUNG adalah Kepala Desa Wailukum, Kecamatan Maba Kota, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait