oleh

Sebulan Produksi, BUMDes Masure Mampu Produksi 6000 liter Minyak Goreng Kelapa Murni

Om Desa Masure – Baru satu bulan berjalan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Masure Mandiri Desa Masure, Kecamatan Patani Timur Kabupaten Halmahera Tengah, kini sudah mampu memproduksi 6000 liter selama satu bulan.

Olahan minyak goreng kelapa murni ini diproduksi BUMDes untuk menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan Desa.

Kepala Desa (Kades) Masure Samiun mengatakan, Kelapa merupakan komoditas masarakat setempat, namun sebagian besar masi dijual dalam bentuk kopra basah dan kopra kering dengan harga yang kian menurun.

“Alasan ini lah yang membuat kami melalui BUMDes memproduksi minyak goreng kelapa murni, agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan memberi nilai tambahan kepada masyarakat” katanya saat dikonfirmasi Om Desa via telepon.

BUMDes, lanjutnya, membeli kelapa dari masyarakat dengan harga Rp 1000 per buah kemudian dioleh secara bersama. “kami membuka harga ke masyarakat per kelapa Rp 1000” tuturnya.

Proses Pembuatan Minyak Goreng Kelapa Murni

Lebih lanjut, dirinya mengaku dari 10 buah kelapa dapat menghasilkan 1 liter minyak kelapa murni, sehingga dapat dijual kembali dengan harga jual Rp 20.000 per liter.

“Dari hasil penjualan tersebut, masyarakat mendapat 5 persen sebagai upah kerja” kata Kades Masure via telpon pada Minggu, 18 November 2018.

Ditanya soal media pasar, Kades mengaku telah berkonsultasi dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah serta dinas terkait untuk bersama-sama mencari jalan keluar.

“Kami sudah berkonsultasi dengan Bupati agar dapat membantu kami memasarkan produk minyak goreng dari kelapa ini, semoga di 2019 nati ada titik terang” harapnya.

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait