oleh

Program Pemdes Marabose Dongkrak Ekonomi Warga

Om Desa HALSEL — Anjloknya harga kopra tentu saja berdampak buruk pada sisi ekonomi masyarakat petani kopra yang ada di berbagai wilayah Maluku Utara. Hal ini juga dirasakan para petani kopra yang ada di desa Marabose, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Penduduk Marabose rata-rata berprofesi sebagai petani kopra dan berharap banyak pada komoditas tersebut untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidup mereka. Tak heran, harga kopra yang tak kunjung naik, membuat petani kopra Desa Marabosa semakin terjepit kebutuhan dasar mereka.

Untuk menopang kondisi ekonomi warganya yang saat ini sedang terpuruk akibat anjloknya harga kopra dipasaran, kepala Desa Marabose, Irham. A. Hanafi, membuat beberapa kebijakan dan program di desanya. Salah satunya dengan membentuk Kelompok Tani disektor pertanian.

kepala Desa Marabose, Irham. A. Hanafi,

Menurut pria yang baru saja resmi terpilih sebagai kepala desa Marabose ini, pengembangan ekonomi melalui sektor perkebunan merupakan prospek yang sangat bagus untuk warga desanya kedepan.

“Kita akan menyiapkan lahan. Dan di setiap hektarnya kita tugaskan tiap kelompok yang terdiri dari 5 sampai 10 orang untuk mengelolanya.” Terang Irham saat di temui Om Desa di kediamannya, Desa Marabose, pada Sabtu, 24 November 2018.

Di lahan tersebut akan ditanami beberapa makanan pokok, seperti sayuran, cabe, tomat, bawang merah, maupun bawang putih. Hal ini, menurut Irham, sangat bagus untuk mendongkrak perekonomian warga Marabose.

“Kita juga akan bekerjasama dengan penyuluh dari pertanian untuk membantu dalam persoalan ini. Kita akan membentuk program pertanian bulanan.” Ujarnya.

Lebih jauh, selain program pada sektor pertanian, Irham mengungapkan program berikutnya adalah dengan pemanfaatan hutan yang masih luas yang ada di desa Marabose. Yaitu dengan membuka usaha berupa somel yang akan dikelola warga nantinya.

“Semua ini, tentu ide yang sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat Marabose kedepannya” Tukas Irham.

Kemudian, Kades Marabose ini berharap semoga Pemerintah Derah (Pemda) Halsel dapat mendukung apa yang akan dilakukannya nanti. Selain itu, ia juga berharap semoga infrastruktur seperti jalan dan pembangunan lainnya, yang ada di desa Marabose bisa lebih diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Selatan.

Redaksi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *