oleh

Pesona Pulau Kucing di Pesisir Utara Sula

Om Desa, FUKWEU — Bagi pecinta wisata bahari, Pulau Kucing, Desa Fukweu salah satu destinasi yang wajib di kunjungi. Pesona alam dan pemandangan pesisir pulau ini bisa memanjakan pengunjung dari rutinitas sehari-hari.

Untuk bisa sampai di Pulau Kucing, wisatawan harus menempuh perjalanan darat dari Sanana, ibukota Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara berkisar 30 menit ke Desa Fukweu dengan biaya Rp. 20.000. Lalu dari Desa Fukweu ke Pulau Kucing, Wisatawan harus menyebrang menggunakan perahu. Biaya untuk setiap orangnya Rp 10.000,- sekali jalan.

Perahu yang disediakan untuk melayani para wisatawan ke Pulau Kucing

Mulanya pulau ini hanya menjadi tempat pengasingan kucing liar yang ada di desa-desa sekitar. Itu sebabnya pulau ini deberi nama Pulau Kucing. Namun, kini Desa Fukweu menyulap pulau ini menjadi lokasi wisata yang di gemari masyarakat Sula.

Pengembangan Desa Wisata

Desa Fukweu dengan inovasinya dalam mangembangkan obyek wisata pulau kucing patut di acungi jempol. Dengan semangat gotong royong masyarakat bahu-membahu membangun wisata pulau kucing dengan biaya hanya Rp 200 juta melalui Dana Desa pada pertengahan 2017.

Walau dengan anggaran yang terbatas, Kepala Desa Fukweu, M Nuh Buamona mampu menata wisata desa ini dengan beragam keindahan dan destinasinya. Alhasil baru-baru ini Desa Fukweu mendapat penghargaan dari Presiden RI. Jokowi dodo sebagai kategori desa inovasi.

Kades Fukweu saat diwawancarai Redaksi Om Desa Sula

Pendapatan Desa

Biaya masuk ke pulau ini, wisatawan harus membayar karcis masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak sebesar Rp 5.000. Dari penjualan karcis ini merupakan salah satu Pendapatan Desa yang dikelola BUMDes melalui pengembangan wiata pulau kucing dengan pendapatan rata-rata sebesar Rp 10.000.000 per bulannya.

Selain mendatangkan pendapatan desa, wisata pulau kucing juga telah menambah pendapatan warga. Masyarakat Desa Fukweu diberi tempat jajanan seperti Pisang Goreng, Es Kelapa Muda dan kuliner kahas lainnya untuk memanjakan lidah wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas Wisatawan

Seperti yang dilangsir dari kompas.com, Di Pulau Kucing, wisawatan pun bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti berikut:

1. Bermain Dengan Kucing

Memang jumlah kucing di Pulau Kucing saat ini sudah tidak terlalu banyak. Hanya sekitar 20 hingga 30 ekor saja. Meski begitu, wisatawan pun bisa bermain dengan kucing atau pun sekedar memberi makan untuk kucing.

2. Bersantai di Gazebo

Di Pulau Kucip, juga terdapat beberapa gazebo yang dibangun di atas air. Ukurannya sendiri cukup besar, muat untuk 15 hingga 20 orang untuk duduk bersantai. Menikmati pemandangan laut, wisatawan juga bisa bernyanyi bersama karena disediakan pula alat karaoke di sana. Tenang, untuk duduk-duduk di gazebo tak perlu bayar alias gratis.

3. Menaiki Sepeda Air

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah menaiki sepeda air. Wisatawan bisa menggunakan permainan ini dengan membayar sebesar Rp 15.000 per orang. Sepeda air ini bisa digunakan untuk menikmati lautan, tentunya dengan jarak yang tak jauh dari Pulau Kucing.

4. Berenang di Laut

Selain itu juga wisatawan bisa berenang di laut. Meski demikian, jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan Anda juga keluarga bila melakukan aktivitas ini.

5. Foto Spot di Instagramable

Mencari spot foto yang instagramable tentunya menjadi hal lumrah. Nah, di Pulau Kucing ini sendiri ada sebuah spot foto yang harus Anda kunjungi. Anda bisa berjalan kaki melalui tanjakan yang cukup terjal. Tenang saja, usaha Anda tak akan sia-sia bila sudah sampai di puncak Pulau Kucing. Selain lokasi yang instagramable, Anda juga bisa melihat indahnya panorama alam laut dari ketinggian.

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait