oleh

Potensi PADes di Pasar Labuha, Kades: Kami Tinggal Menunggu Izin Resmi dari Pemda

Om Desa, LABUHA – Kepala Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Badi Ismail blak-blakan soal program kerja serta visi-misinya dalam membangun desa Labuha. “Saat ini pasar desa sudah menuju tahap siap pakai. Tinggal menunggu izin dari pemerihtah Daerah,” katanya kepada media Om Desa Halsel pekan kemarin.

Ketua Asosiasi Pemberdayaan Desa Indonesia (APDESI) Halsel ini menyatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Labuha sudah membuat beberapa langkah kerja kongkrit dalam bidang pembangungunan. Diantaranya yang paling anyar adalah pasar desa yang sudah 95 persen rampung.

Pembangunan pasar tersebut, ia berharap pemerintah daerah Halsel bisa segera memberikan izin agar pasar itu secepat mungkin bisa dipakai untuk aktifitas ekonomi masyarakar sekitar

“Kami hanya menunggu izin, namun sampai saat ini belum dapat. Tapi permohonan izin sudah diajukan. Ini bagian dari Undang-undang. Hasil musyawarah tingkat desa yang dokumentasinya lengkap,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Badi itu menjelaskan, status tanah pasar desa tersebut sudah bersertifikat, milik desa Labuha. “Jadi siapa saja yang ingin menggelar dagangannya dipersilahkan, dengan sistem pembayaran retribusi sebesar Rp 4 ribu per harinya untuk setiap pedagang,” terang dia.

Dikatakan, dari 4 ribu itu, 2 ribunya sudah ada klining service, akses wifi, CCTV dan juga fasilitas lainnya. Semuanya lengkap. Ada juga security. Dan untuk membayar gaji karyawan lainnya. Setelah dari pendapatan bersih, 30 persennya dialokasikan untuk kas des,” hitung Kades Labuha.

Meski begitu, dia mengutamakan pedagang sekitar Labuha.

“Kami welcome siapa saja yang ingin berdagang disana. Namun saat ini kami utamakan pedagang yang ada disekitaran Labuha dulu”.

Lebih jauh ia mengatakan pasar desa itu memiliki luas 73x 32 meter persegi yang dibangun sejak 2017 lalu dan merupakan pasar berstandar nasional dengan menyediakan fasilitas lengkap demi kenyamanan masyarakatnya.

Selain pasar desa, pemdes Labuha juga sudah membangun beberapa setapak dan selokan yang baru saja rampung beberapa waktu lalu.

Berkait itu, publikasi beragam informasi khusus pembangunan desa, ia menyatakan bahwa APDESI Halsel apresiasi program media Om Desa yang mengabarkan perkembangan pembangunan desa sekaligus memberi keterbukaan ruang pengelolaan desa kepada khalayak ramai.

Itu sebabnya, kata Kades, dirinya beranggapan media Om Desa (Omdes.id dan Majalah Om Desa) bersama ABDESI Halsel selalu bersinergi dalam mendorong keterbukaan dalam tata kelola pemerintahan, kemajuan program pembangunan desa serta mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan di media Om Desa, seperti slogan: “Kabarkan Kemajuan Desa Kita, Cerdaskan Masyarakat dengan Berita”.

“Hal ini sangat bagus. Karena banyak desa di Halsel ini membutuhkan mitra kerja seperti itu. Dan saya memastikan mereka ingin bergabung dengan OmDesa,” paparnya.

Selain media, Ia juga berharap ada sinergitas dalam pembangunan antara Pemda Halsel dan Pemdes Labuha. “Demi kemajuan,” katanya.

Red: Fahmi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait