oleh

Cegah Abrasi, Pemdes Waisakai Bangun Talud

Om Desa, WAISAKAI – Abrasi pantai di Desa Waisakai, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kabupaten Kapulauan Sula, Maluku Utara sungguh meresahkan warga setempat.

Abrasi atau Erosi ini merupakan pengikisan daerah pantai yang terjadi karena gelombang dan arus laut destruktif, sehingga mengikis bibir pantai. Itu sebabnya, jika hal ini dibiarkan, maka akan terus menggerogoti bagian pantai sehingga air laut akan menggenangi daerah-daerah yang dijadikan tempat pemukiman penduduk sekitarnya.

Menangani masalah itu, Kepala Desa Waisakai, Julkifli Wamnebo bersama warganya mengupayakan pencegahan abrasi dengan membangun talud kubus untuk mencegah gelombang air laut destruktif penyebab abrasi.

Menurut kades, abrasi di bibir pantai Waisaki harus mendapat perhatian dari semua pihak terutama pihak pemerintah desa. Olehnya, saat pelaksanaan Musyawara desa, ia bersama warga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan taluk penahan ombak ini. “Semuanya dikerjalan berdasarkan hasil musawarah yang diputuskan secara bersama melalui musdes,” kata kepala Desa Waisakai, Julkifli Wamnebo kepada Om Desa pekan kemarin.

Red: Marlin/Jun

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *