oleh

Mudahkan Aktifitas Masyarakat, Pemdes Ngofakiyaha Sukses Bangun Penerangan Desa

Om Desa, NGOFAKIYAHA – Pemerintah Desa Ngofakiyaha, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara sukses menjalankan program penerangan jalan utama dan jalan dalam. Program yang direncakan sejak RPJMDes 2018 ini, telah di laksanakan hingga tuntas dan dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakarat setempat.

Kepala Desa (Kades) Ngofakiyaha, Fahri Yusup mengatakan, lampu jalan umum ini dipasang dengan jarak tiap 50 m. Pemasangan lampu jalan itu juga memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat terutama pada aktifitas malam hari. Ia menyatakan, lampu jalan yang digunakan ini tergolong jenis penerangan yang berkualitas tinggi dengan sistem pemasangan yang terbagi atas dua jalur, yakni jalan utama dan jalan warga di dalam desa.
.
Kades Fahri yang juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halut ini berkata, pelaksanaan program tersebut atas dasar keinginan masyarakat Desa Ngofakiaha sehingga diprogramkan pada Musyawarah Desa tingkat RT/RW dan juga aparatur desa. “Menyepakati untuk merealisasikan anggaran dalam penerangan jalan,” kata Fahri Yamim kepada redaksi Om Desa Halut, Senin 23 Desember 2018 di kediamannya.

Kades menambahkan, bahwa program yang menghabiskan anggaran desa sebesar Rp. 512.000.000 tersebut denga total pengadaan lampu sebanyak 35 unit penerangan, daya listrik tenaga surya, di tempatkan sebagai lampu jalan di setiap akses jalan di dalam desa.

Meski begitu, kata Kades, program desa tersebut bagi masyarakat masih terasa kurang sehingga perlu penambahan penerangan agar dinikmati oleh seluruh masyarakat Desa Ngofakiyaha.

“Dalam mensukseskan program desa, perlu perencanaan program desa hanya terdapat satu item agar terfokus, terstruktur dan berjaalan lancar,” katanya.

“Selanjutnya rencana anggaran 2019 kedepan hanya di rencakan program penambahan penerangan dan kegiatan desa lainnya yang memberikan manfaat pada masyarakat,” terangnya.

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *