oleh

Dialog bersama Pemdes dan BUMDes, Tiga Dinas Pemkab Kepsul ini Sampaikan Saran dan Kritik

Om Desa – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM), Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Perindustrian, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar dialog dengan seluruh kepala desa dan pengurus Bumdes di Aula kantor Desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara pada Rabu, 13 Februari 2019.

Pada dialog itu, pihak Dinas Pemkab Kepsul menyampaikan berbagai saran dan kritik kepada Pemerintah Desa, pengelola BUMDes dan soal bantuan kepada masyarakat petani.

BACA JUGA Kembangkan Wisata Mengrove, Pemdes Pohea Butuh Bantuan Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian, Bakri Abd Rauf mengatakan, Bumdes harus menunjang pendapatan masyarakat desa agar hidup makmur dan sejahtera.

“Harus membeli setiap produk pertanian dari petani desa untuk menunjang kehidupan masyarakat di tingkat desa, dan siap memberikan bantuan kegiatan usaha kecil menengah kepada masyarakat,” katanya.

Menindaklanjuti hal itu, Sekretaris (DSPM), Harfiah Hairudin menyerukan kepada seluruh kepala desa dan pengurus bumdes untuk menggunakan dana desa sebaik baiknya agar menunjang ekonomi masyarakat desa. Iia berarap pengelolaan dana desa secara efektif dan efisien.

Berbeda, dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Pertanian, Idris Ahmad Banguna lantas menyampaikan rasa kekecewaanya terhadap masyarakat tani. Dia mengatakan, bantuan yang diberikan kepada kelompok tani tidak dikelola dengan baik. “Motivasi kelompok tani hanya mengambil uang dari dinas namun tidak ada realisasi lapangan,” ujarnya.

Tim Om Desa: Raka/Gopal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait