oleh

Membangun Ekonomi Desa yang Berhasil, Perhatikan 5 Hal ini

Om Desa — Suatu Negara bisa di katakan makmur ketika pembangunan perekonomiannya berlangsung lancar. Pembangunan tersebut tidak hanya di wilayah perkotaan saja namun juga seharusnya dilakukan di wilayah pedesaan. Hanya saja pembangunan di wilayah Indonesia masih mengalami ketimpangan, terdapat wilayah yang lebih maju sedangkan wilayah lainnya tertinggal jauh. Lantas sebenarnya seperti apa konsep pembangunan ekonomi desa dan indikator pembangunan ekonomi desa? Berikut ini penjelasannya.

Konsep Pembangunan Ekonomi Pedesaan

Sebelum membahas tentang seperti apa konsep pembangunan ekonomi pedesaan, pertama kita harus memahami definisi pembangunan terlebih dahulu. Definisi pembangunan ekonomi desa sendiri di pahami sebagai suatu proses untuk memperbaiki kondisi hidup dari seluruh wilayah atau Negara tertentu agar timbul pemerataan pembangunan di suatu wilayah tersebut.

BACA JUGA
Kenali 5 Faktor ini yang Dapat Menjadi Kekuatan Desa Wisata
Kenali Pengertian Ekonomi Desa dari Berbagai Versi

Pembangunan ini termasuk pembangunan kondisi kehidupan sosial dan ekonomi di suatu wilayah pedesaan. Sehingga pada akhirnya semua desa bisa memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan berkembang secara bersama-sama serta pendapatan penduduk desa bisa meningkat. Diharapkan tidak ada lagi ketidakseimbangan dimana ada desa yang maju da nada desa yang tertinggal.

Indikator Pembangunan Ekonomi Desa

Istilah pembangunan ekonomi desa sering diidentikkan dengan pembangunan pertanian. Hal ini dikarenakan banyak pedesaan (terutama di Negara berkembang) mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian. Namun sejatinya indikator pembangunan ekonomi desa tidak hanya pada pembangunan pertanian saja. Banyak sekali yang harus diperhatikan untuk membangun desa, indikator pembangunan ekonomi pada desa diantaranya adalah.

1. Infrastruktur Desa yang Baik

Hal pertama yang menjadi indikator pembangunan ekonomi desa adalah di lihat dari infrastruktur pedesaan itu sendiri terutamanya di akses jalan di sekitar desa. Ada beberapa desa yang memiliki jalan mudah di lalui berbagai macam kendaraan namun ada pula desa yang memiliki akses jalan buruk dan sulit dilalui kendaraan-kendaraan besar.

Padahal akses jalan sangatlah penting untuk menentukan kemajuan sebuah desa. Dimana dengan akses jalan yang mudah dilalui maka logistik atau barang-barang penduduk desa akan mudah di penuhi. Sebaliknya akses jalan yang sulit akan membuat logistik sulit untuk masuk di desa tersebut.

2. Fasilitas Umum yang Memadahi

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi desa tentunya harus di dukung pula dengan fasilitas yang memadahi dari desa tersebut. fasilitas ini menunjang segala aspek kehidupan masyarakat atau penduduk desa agar semakin maju. Berbagai fasilitas yang dibutuhkan itu antara lain fasilitas pasar yang memadahi, sekolahan, puskesmas dan lain sebagainya.

3. Akses Informasi

Salah satu pendukung perkembangan ekonomi desa adalah informasi. Akses informasi yang baik bisa memajukan perekonomian desa karena penduduk desa bisa belajar dari desa atau bahkan perkotaan lainnya. Sehingga apa yang sudah berhasil di tempatkan di wilayah lain bisa dicoba di desa tersebut.

Indikator perkembangan ekonomi desa bida dilihat bagaimana informasi yang masuk di desa itu. Apakah sudah baik atau belum, sangat jarang ditemukan sebuah desa dengan akses informasi yang minim namun bisa berkembang dengan pesat. Sebaliknya desa yang memiliki akses informasi mudah maka perkembangannya akan cepat. Oleh karena itu akses informasi sangat penting untuk dimiliki.

Akses informasi tidak hanya terbatas dari satu tepat saja, melainkan bisa dari pemerintahan ke masyarakat, dari masyarakat ke pemerintahan atau dari satu desa ke desa lainnya dan dari berbagai pihak lainnya.

4. Kualitas Sumber Daya Manusia yang Unggul

Indikator keberhasilan yang selanjutnya dapat di lihat dari kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan. Apalah sumber daya manusia tersebut unggul atau kurang, contohnya dari tingkat pendidikan atau pun pekerjaan. Desa yang sudah maju cenderung memiliki masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Sedangkan desa yang kurang maju bahkan terbelakang memiliki penduduk yang belum mengetahui pentingnya pendidikan.

5. Pendapatan Penduduk

Indikator pembangunan ekonomi desa yang terakhir adalah dari pendapatan dari penduduk tersebut. apakah pendapatan sudah sesuai atau pun masih jauh di bawah rata-rata. Desa dikatakan sudah maju ketika pendapatan penduduknya sudah di atas rata-rata dan desa di katakan tertinggal jika pendapatan penduduknya masih jauh dari cukup.

Itulah beberapa indikator pembagunan ekonomi desa yang bisa dilihat dari beberapa aspek. Untuk mewujudkan desa yang berkembang dan maju tentunya dibutuhkan kerja sama dan kerja keras dari berbagai pihak dari desa.

Sumber: Berdesa

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait