oleh

Wakili Halteng, Kades Masure Presentasi Produk Olahan Kelapa pada Rakor TIK Provinsi

Om Desa, Masure– Buang Samin adalah Kepala Desa (Kades) Masure, Kecamatan Patani Timur, Halteng merupakan salah satu dari 3 Kades yang diundang khusus sebagai narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK), tingkat Provinsi di Hotel Grand Dafam Ternate pada Selasa, 19 Maret 2019.

Desanya dipilih untuk mempresemtasikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Masure Mandiri yang sejak Akhir 2017 kemarin fokus pada kegiatan usaha pengolahan buah kelapa. Dari buah kelapa yang dikelola dapat menghasilakan 3 Produk Unggulan, yakni minyak kelapa, tepung kelapa, dan Blondo (sari minyak).

Inovasi yang dilakukan oleh desa Masure ini adalah model pengembangan buah kelapa ditengah meresotnya harga Kopra di Maluku Utara. Jika rata2 harga Kopra dikisaran Rp. 3.000/kg, maka dapat dipastikan kelompok petani akan gulung tikar dan hanya mendapat guyuran keringat serta kekeringan bahan masakan.

Menjawab tantangan ini, berkat keteguhan serta ketekunan masyarakat, melalui Bumdes Masure bisa menyulap Produk olahan kelapa ini hingga mencapai angka Rp. 30.000/10 buah kelapa.

“Kendala dilapangan adalah modal yang masih kecil serta pengurusan ijin Produk Industi Rumah Tangga (P-IRT) dari Dinas Kesehatan terkesan agak sulit didapat, Sehingga Produk kami belum bisa menjangkau pasar yang lebih luas,” ungkap Kades Buang.

Terpisah, Kabid Pemberdayaan, Subhan Somola menjelaskan, bahwa kegiatan usaha dari BUMDes Masure ini adalah model pengembangan usaha kelapa terpadu yang dapat diadopsi oleh desa-desa di Maluku Utara maupun di Indonesia, sehingga ada peningkatan kesejateraan masyarakat desa, terutama petani kelapa yang selama ini bergantung pada Kopra.

Diketahui, dua Desa yang juga ikut presentasi yakni, Desa Balbar dari Kota Tidore Kepulauan dan Desa Gilalang dari Kabupaten Halmahera Selatan.

Red: Hana

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait