oleh

Ringankan Beban Petani Kelapa, BUMDes Sumber Sari Mengelola Unit Usaha Kopra

Om Desa HALTENG -– Upaya meningkatkan kesejahteraan petani Kopra, Dana Penyertaan Bumdes Desa Sumber Sari, Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2019 sebesar Rp 50 juta ini untuk unit usaha Kopra. BUMDes Desa Sumber Sari ini membeli dan menampung kopra petani yang besarannya sesuai kebutuhan dan kesepakatan antara desa dan masyarakat setempat.

“Kopra petani ditampung BUMDes kemudian dijual di Kota Ternate. Hari ini pemuatan kopra perdana,” kata Kades Sumber Sari, Hanike Tunang kepada redaksi Omdesa.id, Rabu, 15 Mei 2019 siang tadi diruang kerjanya.

Kades bersama Staf Pemerintah Desa Sumber Sari

Penggunaan dana penyertaan oleh BUMDes tersebut fokus pada kopra milik petani. Menurut Kades Hanike, sebenarnya ada komoditas lain yang akan dijadikan produk unggulan desa dan menjadi sumber kehidupan bagi mayoritas masyarakat. Hanya saja masih keterbatasan anggaran. Olehnya, lanjut dia, pemanfaatan BUMDes untuk membeli dan menampung kopra petani sudah berkisar 20 ton. “Saat ini dalam pengisian untuk dijual kembali,” ujarnya.

“Hal ini kami lakukan karena anjloknya harga kopra sampai Rp 2.000/kg di Provinsi Maluku Utara yang dapat mengakibatkan para petani kelapa masuk kategori miskin”.

BACA JUGA Meriahkan Bulan Ramadhan, Pemdes Pohea Bersama Warga Bakal Gelar Festival Bukber

Kades Hanike mengaku anjloknya harga kopra tak hanya terjadi di Provinsi Maluku Utara, tetapi sudah menjadi masalah global. Dengan demikian, BUMDes Sumber Sari Kecamatan Weda Selatan membeli hasil kopra masyarakat dengan harga per kilo gram Rp 3000.

“Meskipun keuntungannya tipis, asalkan lancar dan masyarakat bisa menikmati,” tutur Kades Sumber Sari.

Berkait itu, Kades Hanike menyarankan kepada pemerintah daerah untuk duduk bersama mencari solusi terbaik. “Karena Kemendes PDTT juga siap membantu mencari solusi mengingat petani umumnya tinggal di desa,” terang dia.

Fandi (Om Desa Halteng)

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait