oleh

Wisata Mangrove Desa Kacepi Dikunjungi Bupati Halteng

Om Desa Kacepi – Lokasi Wisata Mangrove di Desa Kacepi, Kecamatan Pulau gebe, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara banyak menarik pengunjung. Baru-baru ini, Bupati Edi Langkara bersama rombongan mengunjungi lokasi wisata tersebut pada 3 Maret 2019.

Tempat wisata yang dibangun senilai Rp.147.448.202 dari desa yang berpenduduk sekitar 600 jiwa ini, melalui Dana Desa 2018 bersadarkan hasil Musyawarah Desa dan Perdes No. 03 Tahun 2018, dibangun selama 60 hari atau sekitar 2 bulan.

Pembangunan Wisata Mangrove ini menuai antusias masyarakat yang cukup tinggi, dan mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan khususnya di Kecamatan Pulau Gebe sehingga pemerintah desa (Pemdes) bersama BPD menambah anggaran untuk anggaran Perubahan sehingga dapat menambahkan pembangunan disektor Pemberdayaan, khususnya di lokasi Wisata Mangrove. Tak hanya itu, prospek Wisata Mangrove ini akan di kombinasikan dengan sektor perikanan dan pemberdayaan tanaman Mangrove.

Kunjunngan Masyarakat yang kian meningkat di lokasi Wisata Mangrove ini, membuat pemerintah desa berinisiatif menerbitkan peraturan desa (Perdes) soal Pendapat Asli Desa dalam APBDes Tahun anggaran berikutnya.

Wisata Mangrove ini, sehari dapat menarik pengunjung hingga 60 orang wisatawan lokal. Dengan pendapatan dalam sehari sekitar Rp. 200.000 ini, sebulan dapat mencapai Rp. 6.000.000. Pendapatan ini seringkali bertambah dihari-hari tertentu sperti di hari akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu dan Minggu. Selain itu, pendapatan juga meningkat bila berkunjung secara kelompok dan perayaan hari-hari tertentu, baik dari masyarakat, atau apacara Hari Ulang Tahun keluarga, kegiatan Arisan, maupun kunjungan dari Karyawan perusahaan tambang di Pulau Gebe.

Wisata Mangrove dikelola oleh kelompok dari desa tersebut. Pengelolaan Wisata ini, dalam perencanaan kedepan akan ditambahkan beberapa Unit Usaha pendukung seperti usaha Makan-Minum, penyediaan Alat untuk menyelam, Ban Benen untuk berenang, Wifi, perahu-perahu kecil untuk disewakan, kemudian usaha perikanan.

Selain itu, Pemerintah Desa Kacepi akan menambah volume pembangunan dari yang sebelumnya hanya 100 Meter pada anggaran 2018, menjadi 200 Meter yang sudah diusulkan untuk anggaran 2019 berdasarkan hasil musyawarah desa. Demikian itu dilakukan karena Wisata Mangrove menjadi program unggulan Desa Kacepi dan telah memberikan manfaat timbal balik, baik untuk PADes dan masyarakat Desa Kacepi.

Harapan Pemerintah Desa Kacepi Wisata Mangrove bisa menjadi lahan ekonomi alternatif selain tambang sehingga kedepan, masyarakat Pulau Gebe tak terlalu bergantung pada tambang. Kemudian Wisata Mangrove juga bisa menjadi inspirasi untuk membangun desa isata di Pulau Gebe, karena masih banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan. (Sumber: Pemerintah Desa Kacepi)

Red: Fhandi

Download

Tentang Penulis: PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS

PEMDES KACEPI,- Kades, Hi. HUSEN IDRIS
Hi. HUSEN IDRIS adalah Kepala Desa KACEPI, Kecamatan Pulau GEBE, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait