oleh

Dinas Kesehatan Dorong Pemanfaatan Dana Desa 2020 untuk Kesehatan

Omdesa.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkesa) Provinsi Maluku Utara, Dokter Idhar Sidi Umar gelar kegiatan bersama Dinkes Haltim yang dihadiri Kepala Dinas Dokter Vita Sangadji, Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Timur yang diwakili Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat dan Pemdes, Hasrul Djamaluddin dengan tema: “Advokasi untuk mendorong kebijakan pemanfaata dana desa (DD) untuk kesehatan di tahun 2020”, di di aulah kantor Bupati pada Selasa 18 Juni 2019.

Kepada reporter, Kepada Seksi Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Rahmawati mengaku DD untuk tahun 2020 hendak dimanfaatkan untuk kesehatan.

“Perencanaan dana desa di tahun 2020 sebagian dimanfaatkan untuk bidang kesehatan karena pemerintah desa dan masyarakat juga mengetahui soal 10% dana desa diplot untuk kesehatan,” kata Rahmawati.

Peserta Kegiatan

Rahmawati mengatakan, kepala desa biasanya hanya tau dana desa untuk posyandu dan membayar kader yang setiap kali membatu pelanyanan posyandu. Namun setelah kegiatan ini baru kepala desa mengetahui bahwa ternyata dana desa pemanfaatan lebih luas di bidang kesehatan. Tidak hanya bangun posyandu dan bayar kader sehingga dapat mendukung program kesehatan secara umum.

Ia juga menegaskan bahwa Permendesa No 16 tahun 2018 tentang Pemanfaatan dana desa harus mendukung.

“Emergency adalah stunting, yakni masalah gizi buruk pada anak balita yang tidak tumbu kembang sebagaimna mestintinya atau anak dikatagori prematur,” tutup Rahmawati.

Rep: Ilham/Red: Jun

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait