oleh

Omzet 21 Juta saat Penen Raya di Kebun Desa Masure, Berkah di Bulan Ramadhan

Om Desa Masure — Pemerintah Desa Masure, Kecamatan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) bersama warga kini menikmati hasil perkebunan yang dibangun melalui dana desa pada tahun anggaran 2018 lalu.

Kepala Desa Masuru, Buang Samiun menyampaikan, pihak pemerintah desa bersama para ibu PKK serta masyarakat bersepakat untuk mengalokasikan dana yang bersumber dari DD/ADD tahun 2018 senilai 60 juta agar membangun kebun desa dengan luas lahan sekitar 10 ha. “Alhamdulillah dengan kerja keras itulah di bulan puasa kemarin, ibu-ibu PKK Desa Masure telah panen hasilnya,” kata Kades Masure kepada tim Om Desa pekan lalu via WhatsApp.

Hasil panen dari kebun desa yang ditanami jagung serta beragam tanaman sayuran ini dipasarkan ke Kecamatan Patani Utara dan sekitarnya. Penjualan hasil perkebunan ini dilakukan sebanyak 10 kali pemasaran. “Hasil yang didapat pada bulan puasa kemarin sekitar 21 juta,” ujarnya.

Meski begitu, para ibu-ibu PKK mengaku terkendala transportasi roda empat saat membawa hasil panen untuk dijual ke tetanga kematan mapun antar desa. Sebab, kata Kades, setiap trip atau sekali angkutan barang menelan biaya sewa mobil Open Cup senilai 500 ribu.

Hasil Penen Kebun Desa Masure yang diangkut ke mobil untuk dijual ke tetangga kecamatan serta desa sekitar

“Tetapi ini bukanlah suatu halangan bagi kami pemerintah desa bersama masyarakat. Kami tetap semangat dalam membangun ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang masi puluhan hektar untuk perkebunan dengan tujuan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” terang Kades Masure, Buang Samiun.

Tim Redakksi Om Desa: Afandi M

Download

Tentang Penulis: KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN

KEPALA DESA MASURE, BUANG SAMIUN
BUANG SAMIUN adalah Kepala Desa MASURE, Kecamatan PATANI TIMUR, Kabupaten HALMAHERA TENGAH, Provinsi MALUKU UTARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait