oleh

Bantuan Kemendes PDTT ke Desa, Sek DPMD Mustami: Kami Butuh Camat Proaktif

Omdesa.id – Sekretaris DPMD Halteng, Mustami Jamal menyatakan, pada 2019 ini, Kementerian Desa dan PDTT menetapkan bantuan ke Desa Nusliko sebagai desa Wisata, Kecamatan Weda, berdasarkan hasil penilaian langsung dari Kementrian desa bahwa desa tersebut memiliki potensi wisata.

“Pemerintah Daerah juga membeckup karna potensi Talaga Nusliko itu sangat layak dijadikan tempat wisata,” katanya kepada tim media Om Desa di ruang kerjanya, Jumat, 26 Juli 2019.

Selain Nusliko, Sekretaris DPMD juga menyebut dua desa transmigrasi, yakni Desa Kluting Jaya dan Desa Waikop. “Keduannya mendapatkan bantuan Embung atau penampung air, langsung dari Kementrian desa,” ujarnya.

Pada bulan kemarin, kata Sekretaris Mustami, kedua kepala desa dan sekretaris diundang langsung dari kementrian desa, perihal penandatanganan kontra kerja sama sehingga dibulan ini, pekerjaan mulai dijalankan. “Pekerjaan embung berjalan sebelum desember mendatang,” katanya.

Sementara untuk beberapa desa di Kota Weda, kata Mustami, juga mendapatkan bantuan dan sudah dianggarkan kementrian desa di atas angka 40 jutaan. “Dialokasikan untuk pemberdayaan,” kata Sekretaris DPMD.

Dari sejumlah bantuan itu, lanjut dia, pihaknya dari DPMD berkepentingan dalam memberikan pembinaan dan proaktif kepada desa-desa yang ada dikabupaten Halmahera Tengah agar program yang suda ditargetkan desa itu, juga  dapat diawasi secara baik sehingga masyarakat mendapatkan dampak secara langsung.

Menurutnya, segalah kebijakan yang dilakukan pemerintah itu hanya untuk kesejahtraan rakyat. Apa yang menjadi keinginan rakyat, harus dibangun oleh pemerintah dan pemerintah harus terkordinasi atas jalanya satu tujuan yang akan dicapai.

Itu sebabnya, dia berkata, Pemerintah Kecamatan juga harus lebih pro aktif dalam pengawasan dana desa (DD dan ADD). “Agar pemerintah desa lebih berhati-hati mengelolah anggaran itu,” terangnya.

Tim Media Om Desa: Fandi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait