oleh

Siap-Siap! DPMD Halteng Segera Evaluasi BUMDes Tiap Desa

Omdesa.id — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara dalam waktu dekat akan turun melakukan evaluasi disetiap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 61 Desa.

Demikian itu dikatakan Sekretaris DPMD, Mustami Jamal pada Tim Media Om Om Desa di ruang karjanya, Jumat, 26 Juli 2019.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi BUMDes yang ada di Halmahera Tengah saat ini, untuk itu dalam waktu dekat ini dari DPMD akan turun melakukan evaluasi secara kasat mata di lapangan untuk mengetahui apakah yang terjadi di masyarakat, dampak apa yang diberikan BumDes,” ujar Mustami.

Menurutnya, penyertaan modal yang begitu besar diberikan kepada BUMDes ini, kadang tidak maksimal dalam meraup pendapatan serta penyertaan modal dilakukan berulang kali. “Dalam aturannya, diberikan modal kepada BUMDes itu hanya cukup satu kali,” katanya.

Itu sebabnya, lanjut Sekretaris DPMD, Direktur maupun Anggota harus mampu mengelola sebaik mungkin sehingga dari pendapatan BUMDes jadi Pendapatan Asli Desa (PADes). “Atau minimal dapat membiayai pengurusnya,” terangnya.

Dia bilang, pengurus BUMDes itu digaji melalui pendapatan hasil BUMDes, bukan dari modal yang disalurkan.

”Kalau boleh, pendapatan sebagian untuk pengelola dan sebagainya dijadikan sebagai aset Desa sesuai aturan yang ada.” tegasnya (Ajn)

Olehnya, Tim DPMD dan Inspektorat Halteng akan turun di seluruh desa untuk pertanyakan sistem pengelolaan dan usaha kepada tiap Direktur BUMDes di desa.

Tim Media Om Desa: Fandi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait