oleh

TIK Taliabu Gelar Rakor, “Kita Bangun Sinergitas Menuju Kemandirian Desa”

Omdesa.id – Dalam rangka pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) di Kabupaten Pulau Taliabu, kini digelar Rapat Koordinasi (Rakor) oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Tahap I tahun 2019 dengan tema: “Melalui Rapat Koordinasi Kabupaten, kita bangun sinergitas menuju kemandirian desa”.

Rakor yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2019 ini, direncanakan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 26 sampai 28 juli 2019 dan dipusatkan di Aula kantor Desa Bobong.

Sekretaris DPMD Kabupaten Pulau Taliabu saat menyampaikan materi pada Rakor TIK

Peserta Rakor sebanyak 52, terdiri dari Pokja PPID 10 orang, Pokja P2KTD 10 orang, ketua-ketua TPID kecamatan 8 orang, pendamping desa 9 orang, pendamping lokal desa 9 orang, tenaga ahli P3PID 6 orang.

Peserta Rakor

Narasumber kegiatan tersebut, dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Maluku Utara, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Pulau Taliabu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Taliabu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu dan konsultan pendamping wilayah IV provinsi Maluku Utara.

Kegiatan tersebt diawali dengan sambutan Wakil Bupati Pulau Taliabu, Ramli. Dalam sambutanya, Wakil Bupati (Wabub) sampaikan bahwa Program Inofasi Desa (PID) merupakan upaya dalam mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan Inovasi pembangunan desa.

“Hal ini juga merevitalisasi peran Pemda dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur,” katanya.

Wabub bilang, program inovasi deaa akan membuat perubahan besar bagi desa. Sumber daya desa semakin bersaing, infrastrukturnya akan menjadi lebih baik, yang secara tidak langsung hal ini akan menggerakkan ekonomi desa yang berimbas pada perubahan-perubahan ekonomi dikabupten Pulau Taliabu secara keseluruhan.

Pendamping Desa juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut

“Saya berharap melalui Rakor ini akan menjadikan pelaku dan pemangku kepentingan yang terkait dapat mengetahui filosofis, Teknis, serta memacu pelaksanaan program inovasi desa sehingga desa memiliki pembangunan yang kualitas. “Menjadikan desa yang lebih produktif dan maju,” kata Wabub Ramli.

Tim Om Desa Taliabu:  Mohri

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait