oleh

Bersama Ternate Farm, Pemerintah Kelurahan Ubo-Ubo Gelar Pelatihan Hidroponik

Omdesa.id  – Pemerintah Kelurahan Ubo – Ubo bekerjasama dengan Lembaga Hidroponik Ternate Farm, menggelar kegiatan bimbingan teknis budidaya hidroponik bagi kelompok usaha bersama (kube) Balibunga dan masyarakat Ubo – Ubo.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Bukit Pelangi pada Ahad, 28 Juli 2019 siang itu, merupakan realisasi dari program pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari Dana Kelurahan (DK) tahun 2019.

Kepada Tim Media Om Desa, Lurah Kelurahan Ubo-Ubo Farida R. Muhammad mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kempampuan dan ketrampilan serta motivasi agar warga dapat bertani secara hidroponik. 

“Warga bisa manfaatkan lahan pekarangan untuk menghasilkan sayuran yang higienis untuk dikonsumsi, maupun untuk menambah pendapatan,” terangnya.

Suasana Kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya Hidroponik

Ia juga menambahkan, untuk merangsang minat masyarakat pada hidroponik, pihak kelurahan Ubo – Ubo juga memberikan bantuan berupa 3 unit instalasi hidroponik dengan kuantiti 400 lubang tanam.

“Untuk meningkatkan produktifitas, Insha Allah tahun depan kami upayakan untuk penambahan instalasi hidroponik”, tambahnya.

Direktur Ternate Farm, Zulghaira Lukman memberi apresiasi kepada pemerintah kelurahan Ubo-Ubo yang telah menjadikan hidroponik sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, Ubo-Ubo menjadi Kelurahan pertama di kota Ternate yang memberdayakan masyarakat dengan bertani tanpa membutuhkan lahan yang luas. Hidroponik menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan yang ingin bertani di lahan yang tak lagi memadai.

“ini suatu terobosan yang patut diacungi jempol” cetusnya memuji.

Instalasi Hidroponik Kube Balibunga Kelurahan Ubo-Ubo

Ia juga berharap agar kelurahan yang lain dapat mencontoh program pemberdayaan yang telah dilakukan oleh kelurahan Ubo-Ubo. Karena hidroponik merupakan peluang usaha yang memiliki prospek bagus, terutama  di kota Ternate.

Tim Om Desa: Ajin

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait