oleh

TPPI Bandar Baru Gelar Rakor Evaluasi Progres Dana Desa Tahun 2019

Omdesa.id, ACEH — Tenaga Pendamping Profesional Indonesia ( TPPI ), Kec. Bandar Baru, Aceh, pada Kamis 31-Oktober 2019 melaksanakan rapat koordinasi evaluasi progres dan realisasi Dana Desa Tahun 2019 di Aula Mini Kantor Camat setempat.

Pantauan redaksi Om Desa Aceh, selain para Tenaga Pendamping ( PDP,  PDTI dan PLD ) juga turut hadir Camat yang diwakili Kasie PMG serta Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar ( TA PSD ) dan Tenaga Ahli Infrastruktur Desa ( TA ID ) Kab. Pidie Jaya.

Kasie PMG menyampaikan bahwa di Penghujung Akhir Tahun Anggaran 2019 hingga bulan oktober saat ini, Dana Desa yang sudah diterima oleh desa di Kec. Bandar Baru sudah dua tahap, yaitu tahap I dan tahap II, sementara tahap III direncanakan Pihak DPMG Kab. Pidie Jaya akan ditransfer ke rekening desa awal bulan November. Sementara syarat untuk pencairan Dana Desa Tahap III adalah desa harus menyerahkan laporan realisasi PMK ke Pada DPMG.

Berdasarkan data dari DPMG, jumlah desa yang sudah menyerahkan laporan realisasi tersebut adalah 30 desa dari 43 desa, artinya masih ada sisa 13 desa lagi yang belum menyerahkannya. Olehnya, diharapkan kepada para Pendamping dalam dua hari ini agar memfasilitasi desa secara cepat supaya sisa 13 desa tersebut tuntas sehingga transfer Dana Desa tahap III tidak terkendala.

TA PSD Armia, S.KM dalam paparannya meminta kelada PDP dan PLD untuk mengawal penyusunan RAPBG 2020 agar desa dapat mengalokasikan anggarannya untuk kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan sosial dasar. “Terutama kegiatan penanganan dan pencegahan stunting,” katanya.

Selanjutnya, TA ID Fadlun, ST juga menegaskan bahwa semua persoalan yang ada di desa harus di ketahui oleh para Pendamping sehingga dapat diselesaikan secara berjenjang. “Dengan Kerja dan kerja lah kita dapat mematahkan asumsi liar yang menyatakan pendamping tidak bekerja di lapangan,” ujar dia.

Di akhir paparannya, TA ID membawa angin segar kepada para PDP dan PLD bahwa Kontrak Kerja 2020 untuk Pendamping tetap dilanjutkan, tidak ada Jeda.

“Tentu kabar ini menjadi Energi baru supaya Kita dapat bekerja memfasilitasi dan mendampingi desa lebih baik dan lebih maksimal,” tuturnya.

Rep: Khairuddin/Red: TS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait