oleh

Kungker ke Pidie Jaya, Kadis DPMG Aceh Bangga dengan BUMG Mancang Meurah Dua

Omdesa.id, ACEH — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Azhari, SE. M. Si berkunjung kerja ke Badan Usaha Milik Gampong ( BUMG ) Mancang Desa Mns. Mancang Kec. Meurah Dua, Kab. Pidie Jaya, Aceh.

Kunjungan Kerja ini dalam rangka melihat Aktivitas yang telah dilakukan oleh BUMG Mancang melalui kegiatan Unit Usaha Penggemukan Sapi, Perusahaan Air Minum ( PAM ) Desa, dan Unit Penyewaan Rumah Desa yang semua Kegiatan tersebut telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Gampong ( PAG ).

Dalam Keterangannya,  Azhari, SE. M. Si menyampaikan apresiasi kepada BUMG Mancang  atas hasil yang telah dicapai serta sistem yang digunakan oleh BUMG Mancang dalam hal penggemukan sapi dimana hanya dua di Aceh, salah satunya adalah BUMG Mancang. Pasalnya, kadis DPMG Aceh ingin memfasilitasi BUMG Mancang untuk bekerja sama dengan pihak ketiga seperti Unsyiah agar BUMG Mancang juga memproduksi bibit sapi unggul sehingga BUMG lain di Aceh yang ingin memiliki unit usaha yang sama bisa Mencari bibitnya di BUMG Mancang.

“Model seperti inilah yang diharapkan dari Pengelolaan Dana Desa yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Tidak serta merta Dana Desa itu selalu difokuskan pada Pembangunan Infrastruktur,” kata Kadis DPMG Aceh, Azhari.

Lebih lanjut, Azhari berharap semua desa yang ada di Pidie Jaya untuk terus mengembangkan Inovasi di desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Jika ada kendala dan hambatan dapat disampaikan ke kami supaya bisa dicarikan solusi,” pintanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong ( DPMG ), Kab. Pidie Jaya Ir. H. Mukhlis beterima kasih atas Kunker Kadis DPMG Aceh ke Pidie Jaya, yang telah memilih salah satu BUMG di Pidie Jaya untuk dijadikan sebagai Pilot Project Pengembangan BUMG di Aceh. “DPMG Pidie Jaya akan memberikan dukungan penuh terhadap program ini. Dan semua ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras dari jajaran tenaga pendamping secara berjenjang baik TA, PD dan PLD,” ujar Kepala DPMG Pidie Jaya, Mukhlis.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa ( TA PED ) Pidie Jaya Al Fadhir, S.st Mengatakan bahwa BUMG Mancang adalah salah satu BUMG yang akan dijadikan menjadi Pilot Project Pengembangan BUMG dari Kuota sepuluh yang ada di Aceh saat ini. “Kedepan akan kita upayakan ada BUMG lain di Pidie Jaya yang bisa dijadikan menjadi Pilot Project selanjutnya,” tutur Al Fadhir. 

Sementara itu, Pendamping Desa Pemberdayaan ( PDP ) Kec. Meurah Dua Yuslina berharap agar Kadis DPMG Aceh dapat memberikan semacam reward untuk desa-desa atas keberhasilannya dalam pengelolaan Dana Desa terutama di bidang peningkatan ekonomi masyarakat dalam hal ini BUMG.

Harapan Pengurus BUMG Mancang dalam Kunjungan tersebut kepada Kadis DPMG Aceh supaya bisa memfasilitasi BUMG Mancang dalam hal Pemanfaatan limbah kotoran sapi untuk dijadikan Biogas.

Tim Media Om Desa ACEH, Rep:Khairuddin/Red: TS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait