oleh

Program Pembangunan Desa Sofan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Omdesa.id, TALIABU – Melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana desa (DD) tahun 2019, pemerintah Desa Sofan, Kecamatan Taliabu Timur Selatan terus memacu progres pembangunan infrastruktur, mulai dari sarana olahraga (sorga) desa, talud penahan ombak, jembatan penyeberangan sungai, dan penerangan dalam desa.

Kepala Desa (Kades) Sofan, Hanok R Yaoe saat ditemui Tim Om Desa Taliabu di kedai Kopi Maluku, Bobong, Ibukota Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara pada Selasa 26 November 2019, membeberkan sejumlah program pembangunan fisik yang ia lakukan di tahun 2019.

“Ditahun ini, kami bangun talud penahanan ombak sepanjang 15 meter, kemudian juga ada peningkatan sarana olahraga (sorga) desa, lapangan bola kaki yang sebelumnya tiang gawang pakai kayu diganti dengan besi, kemudian ada pembuatan bens (bangku) untuk pemain cadangan. Itu anggaran di tahap 1. Lalu ditahap 2, kami bangun  jembatan beton sungai untuk akses Desa Sofan ke desa tetangga,” terangnya.

bens (bangku) untuk pemain cadangan

“Kemudian ada juga penerangan lampu jalan dalam desa yang kami pasang Itu menggunakan ADD tahap awal.”

Penerangan Desa Sofan

Saat ditanyakan alasan mengapa dirinya terus memacu pembangunan fisik dalam Desa Sofan, Hanok R Yaoe menjelaskan, generasi muda khususnya laki-laki di Sofan hampir rata-rata miliki hobinya olahraga sepak bola. Itu sebabnya, kata Kades, pihaknya meningkatkan sarana olahraga agar membangkitkan semangat serta skil generasi muda di bidang itu.

Jembatan Desa Sofan

Selain itu, lanjut Kads, mengapa talud penahanan ombak itu dibuat, karena untuk membantu para nelayan di desa. “Ketika musim ombak, tiba mereka sudah tidak resah,” kata dia.

Begitu juga dengan pembangunan lampu  jalan. Bahwa Desa Sofan membutuhkan penerangan sehingga diprogramkan pemasangan listri sebagai sarana penerangan desa. “Intinya, pembangun infrastruktur yang kami lakukan itu, untuk  kepentingan masyarakat,” tegas Kades.

ADD dan DD yang mengalir setiap tahun dan dimanfaatkan oleh masyarakat di desa tersebut, membuat Kades Sofan merasa bersyukur kepada pemerintah atas program yang dimulai dari pinggiran ini.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada pak Jokowi atas program membangun dari pinggiran ini, masyarakat yang berada di pedesaan bisa merasakan dan menikmati manfaat pembangunan yang sesungguhnya,” tutupnya.

Koordinator Tim Media Om Desa TALIABU: Mohri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait