oleh

Empat Desa Dapat Mobil BUMDes, Tiga Dievaluasi

Omdesa.id, HALTENG — Empat Desa yang sebelumnya diberitakan mendapatkan Bantuan Mobil BUMDes, kini tinggal satu desa yang final mendapatkan bantuan tersebut, lantaran BUMDes dinilai masih aktif.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Halteng, Provinsi Maluku Utara, Ahmadiarsyah kepada awak media Selasa 7 Januari 2020 di kantonya mengatakan, dari empat desa yang mendapatkan mobil itu, hanya satu desa yang dianggap final yakni Desa Masure. Sedangkan tiga desa laitu seperti Desa Sagea, Desa Bobane Indah dan Desa Lembah Asri masih dievaluasi oleh DPMD Halteng.

“Jadi mobil hibah dari Kemendes untuk empat BUMDes itu ada tiga Desa yang dievaluasi kembali dari BPMD dan Dishub,” ungkapnya.

Kadishub mengatakan, Hibah itu tidak ada batas waktu. Ini tergantung dari rekomendasi dari DPMD menganai keaktifan BUMDes itu. Sehingga BUMDes ini ditempat sasaran, dan beberapa BUMDes yang awalnya masukkan proposal kemudian perkembangannya ternyata memang tidak aktif, jadi kita akan alihkan kepada BUMDes yang aktif.

“Kita serahkan semua kepada DPMD menilai desa mana yang BUMDesnya aktif,” jelasnya.

Selain itu, kata Kadis, pihaknya menunggu rekomendasi dari DPMD perihal yang berhak mendapatkan mobil tersebut.

“Kemarin kita sudah bertemu dengan Kadis DPMD dan Kasuban terkait hal itu,” ujarnya

Ia menuturkan, menurut Kasuban itu untuk Desa Sagea BUMDes sudah tidak aktif. “Sehingga ada BUMDes lain yang akan dialihkan ke Desa Maliforo karena Bumdesnya aktif,” terangnya. “Itu pun masih dipertimbangkan,” katanya.

Sementara untuk penyerahan Mobil BUMDes, lanjut Kadishub, tinggal plat nomor mobilnya. Sedangkan STNK sudah jadi, dan hari ini sudah bisa diambil. Selanjutnya kita buat surat hibahnya kemudian kita laporkan ke Bupati dan wakil Bupati.

” Jadi STNKnya sudah jadi, tinggal Plat nomornya yang baru diselesaikan satu, sedangkan 3 plat mobil belum selesai,” tandasnya.

Itu sebabnya, kata Dishub, pihaknya tidak menahan atau memperlambat.

“Ini hanya menunggu dari Diler. Jika sudah selesai, kita kordinasi dengan DPMD untuk segera mengeluarkan rekomendasi desa desa mana yang mendapatkan Bantuan Mobil BUMDes,” tuturnya.

“Rekomendasi dari BPMD itu kita evaluasi lagi dan turun ke Desa untuk cek BUMDes aktif atau tidak. Jika aktif maka kita laporkan ke Bupati untuk serahkan,” tutupnya.
Rep: Ino/Red: Jun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait