oleh

Lembaga ini akan Bikin Pelatihan Iptek kepada Pemuda ditiap Desa

-TALIABU-48 views

Omdesa.id, TALIABU – Sebagai upaya mencerdaskan kehidupan generasi muda dibidang Informasi dan Teknologi (Iptek), salah satu komunitas Pemuda Taliabu yang tergabung dalam Pelatihan Komputer Bhina Dhuafah (PKBD) bakal menggelar pelatihan pengenalan Microsoft dan pengelolaan internet di desa-desa dalam beberapa kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

lembaga pelatihan komputer Bina Dhuafah tersebut diinisiasi oleh sejumlah pemuda dengan kompetensi yang mumpuni dalam bidangnya sehingga dengan dasar itu, tekad membagi ilmu akan dilakukan oleh mereka.

Kepada media Om Desa, Rabu 15 Januari 2020, Durin La doromu, selaku ketua PKBD mengatakan kegiatan yang bertajuk, “Temu kursus Lintas Desa” ini akan dilaksanakan pada Februari mendatang disejumlah desa dengan manajemen waktu yang telah dijadwalkan satu desa selama satu bulan, dengan waktu pertemuan 3 kali dalam seminggu. “Jadi kalau di desa tersebut selesai baru kita beralih lagi ke desa selanjutnya,” katanya.

Dia juga menargetkan bahwa, sebagai langkah awal, penjaringan peserta didik akan diambil dari pelajar sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sederajat serta mereka yang memiliki minat belajar yang tinggi namun dikalangan kurang mampu.

“Sesuai dengan nama lembaga ini, yakni Komputer Bhina Dhuafah, maka pelaksanaannya nanti itu secara gratis, tidak akan memungut apapun dari para peserta, sebab kita laksanakan ini atas kesadaran kami bahwa diantara adik2 kita didesa desa masih banyak yang minim pengetahuan tentang kompiuter, padahal sangat penting dalam menghadapi jaman yang makin canggih sekarang ini,” tuturnya.

“Tadinya kita hanya fokus pada pelajar ditingkat SD, SMP, SMA dan sederajat, tapi kalau ada yang minat belajar kompiuter ditingkatan itu kita akan akomodir dan akan disesuaikan dengan fasilitas yang ada.”

Sebagai lembaga non formal, yang baru saja dibentuk tentunya masih banyak fasilitas yang dibutuhkan, terlepas dari apa yang telah dipersiapkan dalam mensukseskan kegiatannya. Namun atas dukungan sejumlah pihak maka hal tersebut tidak akan menjadi penghalang bagi dia bersama rekan-rekannya, untuk melaksanakan pelatihan itu.

“Kalau dari segi fasilitas memang ada yang sudah kita persiapkan, tapi masih sangat minim, mengingat jika kedepannya yang minat belajar banyak, makanya sedikit pesimis, tapi kita yakin bahwa ini tujuan baik pasti ada jalan. Dan alhamdulillah setelah kita komunikasi bersama rekan-rekan serta beberapa dinas mereka siap membantu, baik dari penambahan fasilitas maupun anggaran. Itu yang membuat kami tetap komitmen untuk mensukseskan agenda dan lembaga ini tentunya,” tutupnya.

Tim Media Om Desa TALIABU, Rep: Mohri/Red: Ajun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait