oleh

Rumahnya Terbakar, Kades Masure Pinsan, Dokumen dan ADD Ratusan Juta tak dapat Diselematkan

Omdesa.id, HALTENG – Rumah Kepala Desa Masure, Kematan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Buang Samiun. Dimana Rumah Kades terbakar sekitar pukul 16.00 WIT. Demikian itu dilaporkan sala satu warga Desa Masure, Ibu Hj. Marta kepada Om Desa sore ini, Rabu, 15 Januari 2020 via telepon seluler.

“Kemarin dua rumah di Desa Peniti terbakar habis. Hari ini Rumah kepala Desa. Muda-mudahan Pemda beri bantuan,” katanya.

Kronologisnya, kata Hj. Marta, bahwa kala itu Kades Masure saat itu belum lama meninggalkan rumahnya menuju kantor desa untuk memantau pekerjaan di kantor desa. Sejumlah dokumen pun dipindahkan ke ruang kamar Rumah Kades Masure lantaran kantor tersebut dalam pekerjaan. Berselang 30 menit kemudian, Kades pun dijemput dan diberitahukan, rumahnya terbakar.

Segera, Kades pun bergegas menuju Rumahnya. Di sana, ia menyaksikan amukan si jago merah yang membakar seisi dua ruang kamar Rumahnya. Deretan lemari dan tempat tidur pun  hangus terbakar.  Pasalnya, dua kamar tidur itu tersimpan dokumen pemerintah desa serta ratusan juta anggaran desa. Tak ada yang bisa diselamatkan. Lalu, ia pun pinsan selama 1 jam.

“Tapi biar lebih jelas, coba konfirmasi langsung ke Kades karena baru saja sadar dari pinsan tadi,” katanya.

Kepala Desa Masure, Buang Samiun saat dimintai keterangan mengatakan, dirinya panik hingga pinsan lantara dua ruangan yang terseimpan dokumen kantor desa serta Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 400 juta tak dapat diselamatkan. Ratusan warga setempat berdatangan dan berupaya memadamkan api tersebut, namun tetap saja tak ada sesuatu pun yang bisa diselamatkan dalam ruangan itu. “Saya hanya bisa pasrah,” tutur Kades.

Ia mengatakan, kini pihak kepolisian juga sudah berada di lokasi kejadian. Soal kerugian, ia belum bisa menghitungnya.

“Nanti tanya saja ke pihak kepolisian. Yang jelas, uang ratusan juta, dokumen desa, pakaian, lemari, tempat tidur dan semuah lainnya yang di dua kamar itu, tidak ada satu pun yang diselamatkan,” teranya.

Laporan dari Tim Media Om Desa HALTENG di Patani Timur: Jainal

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait