oleh

Gedung Balai Desa Rusak Total, Roma Irama Minta Pemkab Merenovasi

-BERITA-48 views

Omdesa.id, MUSI RAWAS – Warga Desa Sukamana, Kecamatan STL ULU Terawas, Kabupaten Musi Rawas berharap pemerintah daerah dapat merenovasi Balai Desa setempat lantaran sudah 20 tahun namun tidak pernah tersentuh pembangunan.

Kondisi bangunan yang tampak rusak itu membuat warga setempat merasa sulit disaat kegiatan yang diharuskan untuk berkumpul mengadakan musyawarah dengan perangkat desa maupun dengan masyarakat, bahkan jajaran kecamatan dan kabupaten.

Pantauan tim media Omdesa.id, kantor yang tidak terawat tersebut kini terlihat atap sengnya bocor dan plafon yang rusak parah itu berpotensi membahayakan jika warga bila berada dalam Balai Desa tersebut. Sedangkan kondisi di dalam kantor, dipenuhi kotoran hewan seperti kelelawar.

Seorang warga yang tidak ingin menyebutkan namanya mengatakan bahwasanya Balai Desa Sukamana itu sudah usia 20 tahun lebih, dan semejak dibangun hingga kini belum direhab oleh pemerintah. “Kami berharap pemerintah kabupaten membangun ataupun merenovasi Balai Desa Sukamana ini,” pintanya.

Sementara itu Kepala Desa Sukamana, Roma Irama saat di temui dikator desa mengungkapkan, pemerintah desa tidak bisa merenovasi Balai itu dikarenakan bangunan tersebut membutuhkan dana yang besar. “Sekitar Rp. 300 juta,” ungkap Kades Roma pada Senin, 10 Februari 2020.

Sedangkan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, diakui Roma, seluruhnya digunakan untuk pembangunan fisik, pemberdayaan dan perekonomian masyarakat.

“Kalau Dana Desa dari pusat, semuanya digunakan untuk pembuatan jalan rapat beton, Jalan Usaha Tani (JUT), dan pemberdayaan perekonomian masyarakat,” sambungnya.

Kepala Desa Sukamana juga menuturkan sudah berapa kali mengusulkan bangunan itu dapat direnovasi, namun belum ada realisasi dari pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

“Sudah kami usulkan melalui Musrenbang Kecamatan agar segera dilakukan renovasi pada bangunan Balai Desa itu. Mengingat masyarakat sangat membutuhkan balai atau tempat pertemuan. Untuk itu, kami sangat berharap Pemkab melalui Dinas terkait segera melakukan perbaikan pada balai desa kami,” harapnya.

Tim Om Desa Sumsel: Hendriansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait