TENTANG OM DESA

oleh

Mendorong Kemajuan, Melayani Suara Pedesaan

Omdesa.id, adalah media online yang memposisikan diri melayani aspirasi warga desa sekaligus mendorong kemajuan pembangunan di pedesaan. Visi ini di aplikasikan dalam wujud meladeni setiap informasi yang dikirim pemerintah maupun warga desa ke redaksi, tanpa lalu diverifikasi dan dikemas menjadi berita kemudian dipubikasi.

Lahirnya Omdesa.id adalah spirit siaran berita pedesaan dari Radio Republik Indonesia (RRI) Cabang Ternate yang penyiarnya dikenal akrab Om Desa. Selain konsisten menyiar berita pedesaan, suara ketawa dari pembawa berita bernama Hasan Wahidin (Alm) ini meninggalkan kesan kuat dalam ingatan publik Maluku Utara. Kini suara itu telah hilang, dan banyak yang mengenangnya.

Omdesa.id, ialah bentuk penghormatan untuk meneruskan siaran berita pedesaan dari generasi sekarang dengan secara online, atau melalui dunia internetan pada portal berita bernama Om Desa ini. Tak seperti portal berita pada umumnya, Om Desa memilih posisi berita positif, menginspirasi, konstruktif dan aspiratif untuk desa. Tentunya, juga menjadi mitra bagi pemerintah, dari Kementerian Desa hingga Dinas Pemberdayaan dan pemerintah desa ditiap kabupaten/kota, terutama provinsi Maluku Utara.

Menggunakan Sistem Jurnalisme Warga,
Menjadikan Om Desa Milik Publik

Produk berita Om Desa menggunakan sistem jurnalisme warga (citizen journalism). Bahwa warga secara partisipasi aktif mengumpulkan dan pelaporan informasi dan berita secara langsung ke Redaksi Om Desa. Tipe jurnalisme seperti ini, kini menjadi paradigma dan tren baru tentang bagaimana pembaca atau pemirsa membentuk informasi dan berita. Selanjutnya, Redaksi Om Desa melakukan verifikasi, konfirmasi hingga dipublikasi dengan berpedoman pada etika jurnaslis dan kaidah penulisan berita 5W 1H.

Om Desa mengabdikan dirinya untuk publik. Olehnya, media yang dikelola secara mandiri dibawa perusahaan PT. SINAR LENTERA GRUP ini, berdiri diatas kepentingan umum. Bukan pada kepentingan golongan tertentu.

Wassalam…

Tim Redaksi Om Desa